Sabtu, 04 April 2015

Halalkah Bisnis MLM Oriflame?

Ngomongin halal dan haram beratttt euy, tapi tak ada salahnya untuk belajar :). Ngomongin halal haram juga harus pakai rujukan, tidak boleh asal interpretasi. Rujukannya apa dong untuk menilai halal atau haram sebuah bisnis MLM? Buat kita umat muslim, rujukannya sudah jelas yaitu Al Qur'an dan Hadist. Jika ilmu kita belum cukup untuk menafsirkan isi Al Qur'an dan Hadist ada satu lagi rujukan yaitu Ijma' ulama melalui fatwa MUI - Majelis Ulama Indonesia. MUI mengeluarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 75/DSN MUI/VII/2009 tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) ditandatangani 25 Juli 2009.


Softcopy fatwa tersebut bisa didownload di url: http://hukum.unsrat.ac.id/inst/dsn2009_75.pdf

Saya ingin menyuplik konten dari link diatas sebagai bahan belajar saya, dan saya bandingkan dengan aktivitas dalam menjalankan bisnis MLM bersama Oriflame.

Menurut fatwa MUI ada 12 poin yang harus dipenuhi sebelum sistem MLM tersebut dikatakan halal, antara lain :
Adanya objek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa

Oriflame: produk oriflame sangat riil, banyak ragam, banyak jenis, dan hampir menjangkau semua rentang usia, laki-laki maupun perempuan. Katalog yang tiap bulan terbit sudah berbicara sendiri.

Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram

Oriflame: produk Oriflame sangat bermanfaat untuk perawatan tubuh, dari luar maupun dari dalam. Contoh produk untuk perawatan diri dari luar: skin care, sabun mandi, sabun cuci muka, body lotion. Contoh produk perawatan diri dari dalam, ya the one and only Nutrishake. Nutrishake membantu program diet untuk menjaga tubuh tetap ideal, kebutuhan nutrisi yang seimbang tetap terjaga, dan tubuh jadi lebih bugar. Nutrishake juga sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI, dan mulai C4 tercantum label halal tersebut.



Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur garar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat

Oriflame: transaksi jual beli antara konsultan dengan konsumen jelas tak ada penipuan, perjudian, apalagi membahayakan. Transaksinya riil, harga jual ke konsumen sesuai dengan harga katalog. Ketika seseorang bergabung di Oriflame sebagai konsultan, dia hanya membayar biaya registrasi untuk starter kit. Starter Kit merupakan tools untuk konsultan memulai bisnis Oriflame-nya. Tidak ada produk apapun didalam starter kit tersebut.

Tidak ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh

Oriflame: setiap penjualan dari konsultan ke konsumen, konsultan mendapat keuntungan langsung 30% dari harga katalog. Di setiap edisi katalog harga satu produk yang sama bisa berubah mengikuti promo atau strategi marketing dari Oriflame.

Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi keja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS

Oriflame: bonus atau yang bisa disebut gaji adalah murni dari omset pribadi dan group dengan skema bagi hasil yang sudah diatur oleh manajemen Oriflame. Skema bagi hasil atau bahasa kerennya Marketing Plan bisa dibaca detil di buku “Success Plan Leader Edition”. Oriflame juga secara berkala mengadakan training cara menghitung bonus.

Tidak ada bonus rekrut di Oriflame. Mempunyai 1000 downline sekalipun, jika tidak ada omset penjualan (tutup poin) maka tidak akan ada bonus yang ditransfer. Fair kan? Ada jualan, ada keuntungan :)

Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaan

Oriflame: bonus atau gaji dari Oriflame yang diterima oleh tiap-tiap leader setiap bulan sudah jelas cara penghitungannya. Penghitungan tersebut (marketing plan) dijelaskan dengan detil didalam training baik yang diselenggarakan oleh Oriflame maupun group-group leadernya. Juga tertera dalam buku “Success Plan Leader Edition”.

Bonus berupa perjalanan dalam atau keluar negeri seperti Director Seminar, Gold Conference, Diamond Conference, dan Executive Conference juga sudah jelas target dan cara menghitung pencapainnya. Tools untuk memonitor target tersebut juga disediakan.

Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa

Oriflame: yang kami Oriflamers lakukan tiap bulan adalah tupo (tutup poin), rekrut, bina.

Tupo: target omset penjualan tiap-tiap konsultan, ya namanya juga bisnis kalau tidak ada penjualan bukan bisnis namanya. Rekrut dan Bina: membentuk tim dan jaringan pemasaran serta melakukan pembinaan via online atau offline training. Trainingnya juga beragam, mulai dari product knowledge, cara berjualan, cara rekrut, cara berpromosi di internet, memotivasi diri sendiri serta downline, dan banyak lagi.



Leaders Oriflame baik yang levelnya sudah double diamond maupun yang masih manager 12% tugas intinya sama: tupo, rekrut, dan bina. Terus aktif merekrut dan membina adalah kunci dari berkembangnya sebuah jaringan pemasaran. Jaringan berkembang, jaringan aktif, bonus juga akan naik.

Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usah) tidak menimbulkan igra’

Igra’ ini maksudnya iming-iming yang berlebihan, berlebihan disini sifatnya memang relatif sekali.

Oriflame: iming-iming hadiah, atau reward baik berupa uang tunai maupun mobil bisa untuk memacu prestasi kerja para konsultan. Hayo siapa yang gak seneng direkognisi ketika mencapai title tertentu? Anak-anak saja seneng direkognisi ketika bisa berprestasi disuatu lomba, ya kan?

Reward dari Oriflame ini riil dan positif. Cash award bisa digunakan untuk biaya umrah orang tua, atau membantu biaya sekolah adik. Reward berupa kendaraan akan sangat menunjang mobilitas dalam mengembangkan bisnis. Tidak ada reward dari Oriflame yang sia-sia, semuanya bermanfaat.

Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya

Oriflame: Oriflame memiliki sistem yang disebut SARPIO - Sales And Recruitment Process In Oriflame. Dalam SARPIO job desk dan tanggung jawab masing-masing level sudah tertera dengan jelas. L1 tugasnya XXX, L2 tugasnya YYY, L3 tugasnya ZZZ. Semakin tinggi level, semakin besar bonusnya, dan SEMAKIN BESAR TANGGUNGJAWABNYA.



Di bisnis Oriflame tidak ada istilah posisi menentukan prestasi. Yang bergabung belakangan sangat mungkin menyalip level dan pendapatan leader yang bergabung diawal. Setiap awal bulan poin dan pencapaian bulan sebelumnya direset kembali ke 0. Kerja keras dan kerja cerdas yang menentukan yang menentukan.

Sistem perekrutan keanggotaan , bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah, dan ahlak mulia seperti syirik, kultus, maksiat, dan lain-lain

Oriflame : setiap awal bulan Oriflame mengadakan Leaders Meeting, acaranya berupa launching katalog, informasi promo bulan terkait, dan rekognisi bagi para leader yang mencapai level tertentu. Apakah ada kultus individu? Sama sekali tak ada! Yang ada hanya perasaan salut dan terinspirasi kepada para leader yang berhasil naik level. Melihat perjuangan mereka dalam cuplikan video dan testimoni.

Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut

Oriflame: sudah menjadi kegiatan sehari-hari bagi leader oriflame yang namanya membina dan mengawasi. Membina dengan melakukan training dan menyemangati online maupun offline kepada leader didalam jaringan. Mengawasi contohnya: mengingatkan downline ketika ada poin minus atau orderan yang tidak terbayar. Mengawasi ketika ada lonjakan poin yang 'fiktif' ketika tupo akhir bulan. Mengawasi kegiatan downline agar selalu dalam koridor kode etik group maupun Oriflame.



Di Oriflame tidak ada yang namanya ongkang-ongkang kaki terus dapat duit tiap bulan, no no no. BIG NO! Yang ada kerja kerja kerja!

Tidak melakukan kegiatan money game

Money game didefinisikan sebagai : kegiatan penghimpunan dana masyarakat atau penggandaan uang dengan praktik memberikan komisi dan bonus dari hasil perekrutan/ pendaftran Mitra Usaha yang baru/bergabung kemudian, dan bukan dari hasil penjualan produk, atau dari hasil penjualan produk namun produk yang dijual tersebut hanya kamuflase atau tidak mempunyai mutu/kualitas yg dapat dipertanggungjawabkan.

Oriflame: tidak ada money game dalam bisnis Oriflame. Oriflame menjual langsung produknya kepada konsumenya melalui konsultan-konsultannya. Tidak mengikuti rantai distribusi seperti dealer - sub dealer - reseller. Bonus bagi konsultan Oriflame didapat dari omset penjualan dalam jaringan/group. Di Oriflame tidak ada bonus rekrut, bonus pasangan, atau yang sejenis. Punya banyak downline tapi tidak ada omset atau tidak tupo, ya tidak ada bonus.

Merujuk pada 12 poin fatwa MUI diatas, kemudian dicocokkan dengan aktivitas di bisnis Oriflame yang saya jalankan, rasanya tidak ada aktivitas bisnis di Oriflame yang bertentangan dengan poin-poin diatas. Jika ada yang bilang MLM Oriflame haram harus dikonfirmasi dengan rujukan diatas.

Referensi dan bahan bacaan : http://www.stiualhikmah.ac.id/index.php/artikel-ilmiah/116-fatwa-mui-mengenai-mlm

So, ... sudah makin yakin kan berada di bisnis yang benar?

Oriflame is REAL!

sumber : http://yuliamaki.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar